Content

CCTV

Baca selengkapnya »
CCTV adalah kependekan dari Closed Circuit Television atau bila diartikan secara langsung adalah Sistem Televisi Rangkaian Tertutup. Jadi pada intinya CCTV tidak berbeda dengan televisi yang kita lihat dan nikmati sehari-hari di rumah. Bedanya Televisi yang kita lihat sehari-hari didesain untuk dapat dilihat semua orang, sedangkan CCTV didesain untuk tujuan tertentu dan informasi yang dihasilkan diperuntukan kalangan terbatas. Manfaat / kegunaan CCTV adalah konsumen dapat memantau dan merekam segala bentuk aktifitas yang terjadi pada area / lokasi konsumen dari jarak jauh dari mana saja, tanpa batasan jarak. Rekam dan simpan hasil monitoring secara otomatis ke dalam hard copy hasil rekaman selama full 24 jam atau hasil rekaman motion detect merekam hanya jika ada gerakan yang terjadi pada daerah yang dipantau. Dengan mengkombinasi fungsi-fungsi motion detect serta inrecording, maka anda tidak terus menerus mengawasi kamera cctv anda. Semua hasil monitor akan tersimpan di komputer dan atau DVR CCTV


 Panduan Memilih CCTV
1. Sesuaikan dengan dana/budget yg tersedia.
Jika dana minim, dapat memilih camera bersensor CMOS saja, memang kualitas gambar lebih rendah jika dibandingkan dengan yg bersensor CCD, namun seringkali gambar yg dihasilkan sudah cukup memadai.
Namun jika dana yg disediakan cukup besar, dapat memilih camera bersensor CCD yg kualitas gambarnya lebih tinggi (high resolution).
Berikut adalah standar kualitas/resolusi gambar utk perbandingan saja:
CMOS - Standard Image Quality - 380 TVL
1/4" CCD - High Image quality - 420 TVL
1/3" CCD - Very High Image Quality - 480 TVL
1/3" CCD - Ultra High Image Quality - 540 TVL
1/3" CCD - Extremely High Image Quality - 650 TVL
*420 TVL - 480 TVL: Standard CCD Image Quality
*500 TVL - Keatas: High Resolution CCD Image Quality (HiRes/H.R)
Semakin besar TVL berarti semakin baik dan tajam gambar yg dihasilkan.
Singkat saja, kualitas/resolusi gambar pada camera jauh lebih unggul dibanding resolusi pada alat rekam/DVR, dan nantinya hasil rekam akan sangat sangat mengikuti dari kualitas/resolusi alat rekam/DVR tersebut, terlebih lagi, beberapa camera bahkan tidak dicantumkan TVL pada manualnya, dan hanya tercantum TVL Standard.
1/4" CCD lebih rendah resolusi gambarnya jika dibanding dgn 1/3" CCD, dikarenakan lebar bidang sensor 1/3" CCD yg lebih besar, sehingga menghasilkan gambar yg lebih baik dan tajam, namun tentunya harga juga menjadi lebih mahal, dan ini yg menjadikannya lebih penting dibanding sekedar TVL saja, karena jika chipset camera CCD yg dipakai adalah 1/3" CCD, dapat dipastikan camera tersebut ber TVL jauh lebih tinggi dibanding CMOS maupun 1/4" CCD.

2. Pastikan pemakaian utk diluar ruang/outdoor atau pemakaian utk didalam ruang/indoor.
Outdoor - Jika pemakaian utk diluar ruangan/outdoor, pilih camera yg khusus utk outdoor juga. Bedanya dari camera indoor adalah, camera outdoor lebih mampu mereduksi cahaya matahari dan jumlah LED infrared yg dipakai umumnya lebih banyak dibanding yg ber-type indoor.
Semua camera outdoor yg tersedia bersensor CCD, sudah weatherproof dan dilengkapi Pelindung utk menahan sinar matahari maupun air hujan atau biasa disebut topi, dan tidak perlu membeli housing lagi.
Indoor - Jika pemakaian utk indoor saja, pilihannya menjadi semakin banyak, sebagian besar camera yg tersedia digunakan utk indoor.
Sesuaikan dengan bentuk fisik camera yg diinginkan dan penempatannya, entah itu di plafon, tembok/dinding, disembunyikan atau tersamar dgn produk lain mis: smoke detector camera.
Indoor camera juga ada yg dilengkapi infrared yg berguna utk memantau pada kegelapan, namun jika ruang/area yg dipantau cukup terang setiap saat, cukup memilih yg non infra saja.
Dome camera khusus dipasang pada plafon/langit-langit dan tidak bisa digabungkan dgn rotator, dikarenakan tidak tersedia dudukan utk rotator, jika ingin ber-type Dome dan dapat berputar pilih Pan Tilt Dome Camera saja, sedangkan diluar type Dome bebas saja penempatannya, dapat dipasang pada plafon maupun tembok/dinding dan juga bisa dipasangi rotator.
BOX CCD camera mempunyai kelebihan pada lensa yg dapat diganti dan disesuaikan dgn kebutuhan, tersedia beberapa pilihan ukuran lensa yg dijual secara terpisah. Semakin kecil ukurannya semakin lebar view anglenya, dan semakin besar ukuran milimeternya semakin sempit view anglenya namun lebih zoom.
Camera berdimensi kecil unggul jika pada penempatannya ingin disembunyikan, namun camera berdimensi besar juga mempunyai keunggulan tersendiri yaitu camera dapat terlihat dgn jelas, sehingga sering kali hal ini merupakan momok yg cukup menakutkan para pelaku tindak kejahatan, karena area tersebut jelas-jelas terlihat diawasi dgn cctv camera.
*Setiap camera mempunyai karakteristik, kekurangan dan kelebihannya sendiri-sendiri, silahkan dilihat pada keterangan yg diberikan disetiap masing-masing camera.

LENSA,SUDUT PANDANG dan Jarak Pandang Ideal
Bagi yg awam mengenai ukuran Lensa, sudut pandang maupun jarak pandang ideal pada CCTV Camera, dapat berpanduan pada standard berikut:
Ukuran Lensa 2.5 mm = sudut pandang 110° = jarak pandang ideal 8 meter
Ukuran Lensa 2.8 mm = sudut pandang 100° = jarak pandang ideal 10 meter
Ukuran Lensa 3.6 mm = sudut pandang 90° = jarak pandang ideal 12 meter
Ukuran Lensa 4 mm = sudut pandang 80° = jarak pandang ideal 15 meter
Ukuran Lensa 6 mm = sudut pandang 65° = jarak pandang ideal 20 meter
Ukuran Lensa 8 mm = sudut pandang 55° = jarak pandang ideal 25 meter
*toleransi 10-20%, dikarenakan adanya perbedaan hasil pengukuran pada beberapa camera, jarak pandang ideal juga bervariasi pada masing-masing orang.
Semakin kecil ukuran sebuah Lensa, sudut pandangnya akan semakin melebar namun jarak pandang akan semakin menurun terhadap obyek, demikian sebaliknya jika ukuran Lensa semakin besar, sudut pandang akan semakin sempit namun jarak pandang dapat semakin jauh terhadap obyek karena lebih zoom.
Obyek tentu saja masih tetap terlihat walau berada diatas jarak pandang ideal, meskipun tentunya obyek akan terlihat semakin mengecil.
Satu hal yg perlu diingat adalah, tidaklah mudah mengganti Lensa camera, selain dikarenakan setiap camera sudah mendapatkan Lensa bawaannya masing-masing, beberapa type camera dibuat sedemikian rupa, sehingga tidaklah mungkin mengganti Lensa camera kecuali membongkar body camera itu sendiri, yg berarti nantinya akan menghanguskan garansi.
Nampaknya cukuplah berpuas diri dengan Lensa bawaan dari produsen, namun jika memang ukuran Lensa merupakan hal yg cukup penting, tersedia BOX CCTV Camera yg mudah utk diganti Lensa sesuai dgn keinginan, namun Lensa dijual secara terpisah dan berharga cukup mahal.
Beberapa camera juga terkadang tidak disebutkan ukuran Lensa yg dipakai dan terkadang juga bisa berbeda ukurannya sewaktu-waktu.

PERBEDAAN SONY dan  SONYCCD
Banyak yg mempertanyakan perbedaan dari CCTV SONY dan SONY CCD, yg dimaksud dengan CCTV SONY adalah merk/brand SONY (merk/brand SONY akan jelas tertera pada camera), dan CCTV SONY pasti menggunakan IC/chipset SONY CCD.
sedangkan SONY CCD, merk/brand bisa bermacam-macam, misalnya Honeywell atau AVTECH, dan IC/chipset yg digunakan SONY CCD.
Ini jelas berarti SONY CCD bukan berarti CCTV SONY, perbedaan harga pun cukup jauh, utk CCTV SONY, brand/merk SONY dan quality control dari SONY harga yg paling murahnya saja sekitar 3 juta keatas.
Sedangkan CCD SONY, IC/chipset yg digunakan adalah dari SONY, namun merk/brand beragam tergantung pabrik pembuatnya.
Intinya:
CCTV SONY = merk/brand SONY dan IC/chipset SONY CCD
SONY CCD = merk/brand Bebas dan IC/chipset SONY CCD

JARAK JANGKAUAN Infra Red Saat Malam atau Gelap
Jarak jangkau infrared pada CCTV Camera sangatlah ditentukan oleh jumlah LED infrared, diameter LED infrared, dan sensor camera yg dipakai.
LED infrared dapat diibaratkan sebuah senter, yg berarti semakin banyak senter yg dikenakan semakin terang pula hasilnya.
Begitupun dengan besarnya diameter LED infrared, yg berarti semakin besar diameter senter yg dikenakan semakin terang pula hasilnya.
Karena sensor CCD lebih baik dari sensor CMOS, tentu saja hasil gambar pada saat infrared aktif juga berbeda, pada camera bersensor CCD hasil gambar saat infrared aktif terlihat lebih jernih dan lebih jauh dibanding camera yg bersensor CMOS.
Sekedar utk perbandingan:
CMOS dgn 6 mini LED infra, jarak jangkau infrared idealnya 2 meter.
CMOS dgn 12 LED infra, jarak jangkau infrared idealnya 5 meter.
CMOS dgn 30 LED infra, jarak jangkau infrared idealnya 8 meter.
CCD dgn 12 LED infra, jarak jangkau infrared idealnya 8 meter.
CCD dgn 21 LED infra, jarak jangkau infrared idealnya 12 meter.
CCD dgn 24 LED infra, jarak jangkau infrared idealnya 12 meter.
CCD dgn 35 LED infra, jarak jangkau infrared idealnya 14 meter.
CCD dgn 48 LED infra, jarak jangkau infrared idealnya 15 meter.
CCD dgn 32 LED infra 8mm, jarak jangkau infrared idealnya 20 meter.
ini merupakan jarak jangkau ideal infrared pada cctv camera, walau tentu saja diatas jarak tersebut masih dapat terjangkau infrared.

 Dapatkah isi didalam Paket diganti/ditukar/diubah type lain, baik itu camera maupun perlengkapannya?Isi dalam Paket berupa camera maupun perlengkapannya dapat ditukar/diganti/diubah dgn type lain yg dapat disesuaikan dgn kebutuhan anda, hal ini dikarenakan masing-masing individu tentunya berbeda kebutuhannya, namun tetap kami sarankan utk tidak terlalu banyak item yg ditukar/diganti/diubah.
Sekali lagi, isi dalam Paket dapat diganti/ditukar/diubah yg disesuaikan dgn kebutuhan masing-masing individu.

Berapa lamakah durasi waktu rekam jika dgn harddisk 80Gb?
pertanyaan ini secara singkat akan dijawab "tergantung settingan".
mengapa demikian? dapat dilihat dari tabel berikut:

DVR Standalone 4ch mini design:
FormatQuality30fps15fps7fps1fps
NTSCHIGH38781671165
NORMAL52103222155
LOW641292771942
PALHIGH46971941348
NORMAL621292581790
LOW781623232240

DVR Standalone 4ch H.264 type 672:
Record ModeQuality25fps12fps7fps3fps
FRAMESuper Best86123153179
Best91129168190
High92133177200
Normal104140181207
Record ModeQuality100fps50fps25fps12fps
CIFSuper Best79111148175
Best87125156183
High91133166190
Normal99140177195
Angka diatas adalah durasi rekam dalam hitungan jam, dan lama tidak nya durasi rekam sangatlah ditentukan oleh settingan yg diinginkan, terlebih lagi beberapa pengguna mempunyai kebijakan sendiri-sendiri dalam menentukan settingan durasi rekam yg tentunya disesuaikan dengan kebutuhannya.

Baca selengkapnya »

-

-
-

-

-
Call Only
- 0331 333707

Call & SMS
- 081913869180
- 085746060580

===== CS-1 ======== CS-2 =====

YM YM

Teknisi -1 ::::::: Teknisi -2

YM YM
Kami berusaha untuk menyajikan data dan informasi penjualan seakurat mungkin baik itu spesifikasi, bentuk dan warna pada gambar produk. Untuk keakuratan informasi dari produk-produk yang kami tampilkan disarankan juga merujuk ke website resmi produk yang bersangkutan atau anda dapat menghubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Bila anda menemukan kesalahan dalam informasi yang kami sajikan, silahkan memberitahu kami, dengan begitu anda ikut membantu pengunjung lain untuk mendapatkan data yang benar. Terima Kasih
Pesan yang masuk melalui YM, SMS , email dan panggilan telepon, dilayani oleh Staf Online Store hanya pada jam kerja (senin s/d sabtu : 09:30 wib s/d 17:15 wib)
CV. JAVA STAR multimedia
Kantor Operasional :
Jln. Sriwijaya I No 3 Jember

Service POINT Area
1. Banyuwangi
2. Denpasar

Pengunjung

free html visitor counters